Kamis, 04 Desember 2014

Bali masih Jadi Primadona Turis

Peluang potensi pasar wisata Indonesia menjadi tujuan wisatawan global sangat besar.Itu tak lepas dari beberapa kota yang bisa menarik minat para wisatawan mancanegara (wisman) global ke Indonesia. “Ada beberapa kota seperti Bali telah jadi primadona bagi wisman atau turis. Disusul kemudian, Jakarta, Bandung, Lombok, dan Batam. Ada juga Yogyakarta,'' kata Vice President TripAdvisor Asia Pacific Cindy Tan kepada pers, di Jakarta, kemarin.

Bahkan, menurut dia, Bali termasuk destinasi wisata nomor empat di Asia setelah Bangkok, Singapura, dan Hong Kong, yang paling dicari wisman berdasarkan data yang dimiliki TripAdvisor pada Oktober 2013. “Itu lantaran Bali memiliki infrastruktur paling lengkap di Indonesia dan memiliki keindahan pantai yang banyak memikat wisatawan,'' ungkap Cindy.

Karena itulah, untuk memenuhi permintaan dan menangkap peluang yang terus tumbuh tersebut, TripAdvisor saat ini telah memiliki kantor regional Asia Pasifik di Singapura dan berkantor lokal di Tiongkok, Jepang, India, Korea, dan Australia.

`'Hingga saat ini kami telah memiliki 13 domain di Asia Pasifik termasuk Indonesia, Australia, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Korea Selatan, Jepang, India, dan Tiongkok.Upaya kami yakni membantu mobilisasi wisatawan antarnegara termasuk ke Indonesia yang punya potensi besar,'' ungkap Cindy.

Senada dengan itu, Direktur United Nation World Tourism Organisation (UNWTO) Xu Jin menambahkan Bali hingga saat ini tetap menjadi salah satu destinasi pariwisata di Indonesia yang paling banyak berperan dalam perkembangan dunia pariwisata internasional.Bahkan, ia ingin menjadikan Bali bersama Yogyakarta dan kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sebagai sasaran policy framework untuk wisata berkelanjutan.

“Untuk saat ini baru ada Yogyakarta yang bakal kami jadikan destinasi pertama untuk sasaran policy framework wisata berkelanjutan. Baru setelah itu Bali dan Wakatobi,'' ujar Xu Jin seusai bertemu dengan Menpar Arief Yahya, di Jakarta, kemarin. (Bay/Fat/H-2) Media Indonesia, 02/12/2014, halaman 14
Title: Bali masih Jadi Primadona Turis; Written by Tengku Anton; Rating: 5 dari 5

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus